Iklan

Minggu, 27 Desember 2015

Kisah Nabi Idris As

 
Kisah nabi idris As...

Nabi idris adalah keturunan keenam dari nabi  adam As. Menurut riwayat Nabi idris bermukim di mesir. Berdakwah untuk agama Allah. Mengajarkan tauhid dan beribadah kepada Allah. Serta memberi petunjuk kepada pengikutnya agar senantiasa menetapi kebenaran, menyelamatkan diri dari siksaan akhirat dan kehancuran serta kebinasaan di dunia.

Nabi idris diangkat menjadi Rosul ketika dia berumur 82 tahun. Mungkin kalo jaman sekarang umur 82 tahun sudah tidak bisa mengunyah makanan dan terlihat lemah. Tapi jaman dulu menurut berbagai ilmu, bahw a umur dijaman dahulu itu sampai ratusan tahun atau mereka itu umurnya panjang. Beda dengan jaman sekarang.
Kemudian beberapa Nasihat yang Nabi Idris ajarkan kepada pengikutnya yaitu :

1.      Kesabaran yang disertai keimanan kepada Allah akan membawa kemenangan
2.      Orang yang bahagia adalah orang yang senantiasa mawas diri dan mengharap syafaat Allah dengan amalan shalehnya.
3.      Jangan bersumpah dalam keadaan kamu berdusta dan jangan menuntut sumpah dari orang yang  berdusta supaya kamu tidak menyekutui mereka dalam dosa.
4.      Janganlah mengiri orang yang mujur nasibnya mereka karena mereka tidak akan banyak dan menikmati kemujuran nasibnya.
5.      Barangsiapa melewati kesederhanaan (berlebih-lebihan atau berfoya-foya) tidak sesuatupun dapat memuaskannya.
6.      Kehidupan orang itu hendaknya mengandung hikmah.

Disebutkan bahwa disuau riwayat, bahwa nabi idris adalah orang yang pertama mengajarkan menjahit, menata pakaian, ilmu falak, dan tulis menulis dengan pena. Ia pula yang pertama kali membuat baju perang dalam rangka mempertahankan diri dari serangan orang-orang yang durhaka.
Nabi idris pula yang pertama kali menjinakkan kuda liar yang semula hidup di hutan sehingga menjadi kendaraan manusia.
Menurut tafsir ibnu hatim, Nabi idris wafat tatkala berada dilangit empat dan dibawa oleh malaikat . dalam suatu ayat :

“dan ceritakanlah (Hai, Nabi muhammad kepada mereka) Kisah idris dalam al-qu’an. Sesungguhnya ia adalah orang yang sangat membenarkan seorang nabi. Dan kami telah mengangkatnya kederajat yang tinggi.” (Al-Qur’an surat maryam : 56-57)

Demikian cerdiknya nabi idris ini sehingga ia pernah melihat neraka dan syurga. Ia ingin menetap di syurga namun di syurga itu hanya dihuni setelah hari kiamat maka ia tidak diperkenankan tinggal disana. Maka ia hendak akan dikembalikan ke dunia. Nabi idris tidak mau kembali kedunia karena nyawanya telah dicabut, maka ia memilih tinggal dilangit.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar