Iklan

Sabtu, 23 Januari 2016

Soal Kepemilikan Nuklir, AS Minta China Tekan Koru


Soal Kepemilikan Nuklir AS Minta China Tekan Korut
Permintaan ini muncul karena AS menilai hanya China yang bisa membuat sikap Korut berubah soal kepemilikan senjata nuklir. (Istimewa)
A+ A-
WASHINGTON -  Amerika Serikat (AS) meminta China untuk memberikan tekanan lebih kepada tetangga mereka, sekaligus rekan mereka, yakni Korea Utara (Korut). Permintaan ini muncul karena AS menilai hanya China yang bisa membuat sikap Korut berubah soal kepemilikan senjata nuklir.

Permintaan ini, menurut seorang pejabat Kementerian Luar Negeri AS, akan disampaikan langsung oleh Menteri Luar Negeri AS John Kerry saat dirinya melakukan lawatan ke Asia, dimana salah satu negara yang akan dia kunjungi adalah China. 

Menurut pejabat tersebut, Kerry diharapkan dapat memberikan penekanan kepada China mengenai perlunya sebuah front bersatu dalam menanggapi uji coba nuklir Korut yang dilakukan bulan ini melalui sanksi tambahan di PBB dan respon tersendiri dari China mengenai uji coba senjata nuklir itu.

"Hal ini sangat penting untuk membentuk sebuah front bersatu, tapi itu front persatuan harus menjadi sesuatu yang kuat, tidak satu lembek," kata pejabat itu yang berbicara dalam kondisi anonim, seperti dilansir Reuters pada Minggu (24/1).

"Sangat penting untuk memotong jalan proliferasi dan menghambat kemampuan Korut guna mendapatkan sarana memajukanprogram rudalnya nuklir dan untuk bisa melakukan itu China harus melakukan sesuatu," sambungnya.

Pejabat itu menambahkan, Kerry dan pemerintah AS secara umum yakin, bahwa China memiliki tekad untuk memberikan tekanan kepada Korut. Namun, AS menginginkan China berusaha lebih untuk memberikan tekanan tersebut, sesuatu yang memberikan dampak langsung pada Korut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar