Iklan

Sabtu, 23 Januari 2016

Ini Rencana AS Jika Negosiasi Damai Suriah Gagal


Ini Rencana AS Jika Negosiasi Damai Suriah Gagal
Wakil Presiden AS Joe Biden. (Reuters)

ANKARA - Amerika Serikat (AS) sudah mempersiapkan rencana cadangan, jika saja negosiasi damai Suriah mengalami kegagalan. Rencana cadangan tersebut adalah operasi militer besar-besaran di Suriah. Hal itu diungkapkan oleh Wakil Presiden AS Joe Biden.

Berbicara paska melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri Turki Ahmed Davutoglu di Ankara, Biden mengatakan, AS dan Turki sudah mempersiapkan strategi militer di Suriah, sebagai bentuk antisipasi gagalnya negosiasi damai di Suriah.

"Kami tahu itu akan lebih baik jika kita bisa mencapai solusi politik (di Suriah). Tapi, kami siap jika itu (negosiasi) mengalami kegagalan. Kami memiliki solusi militer untuk operasi ini, operasi untuk memukul mundur ISIS," kata Biden seperti dilansir Independent pada Minggu (24/1).

Negosiasi damai Suriah sendiri baru saja dipastikan mengalami kemunduran. Pada awalnya negosiasi itu dijadwalkan akan berlangsung pada awal pekan depan, namun karena masih adanya perdebatan mengenai siapa yang harus dan tidak harus hadir dalam negosaisi itu, membuat negosiasi tersebut harus dijadwal ulang.

Kelompok pemberontak bersenjata Suriah menuding pemerintah Suriah dan Rusia bertanggung jawab atas kegagalan pembicaraan damai awal pekan depan di Jenewa, Swiss. Kelompok pemberontak mengkritik campur tangan Rusia dalam urusan delegasi kelompok oposisi....
.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar